Teknologi informasi dan
komunikasi saat ini telah menjadi sebuah ketergantungan bagi masyarakat dunia.
Secara umum teknologi informasi dan komunikasi berarti semua keperluan teknis
untuk memperoses dan menyampaikan sebuah informasi, TIK memiliki dua aspek,
yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi
meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, pemakaian sebagai alat bantu,
pengelolaan informasi, serta manipulasi informasi. Teknologi komunikasi
merupakan semua hal yang berkaitan dengan pemakaian alat bantu untuk memperoses
serta mentransfer dara dari perangkat satu ke perangkat lainnya. Tanpa disadari
peran TIK berpengaruh pada hampir semua aspek kehidupan manusia termasuk bidang
bisnis seperti yang akan saya bahas dalam tulisan ini.
Bisnis adalah kegiatan atau bentuk
aktivitas penjualan jasa dan barang yang bertujuan untuk mencari atau
memperoleh keuntungan kepada pihak yang berusaha yang berlangsung secara terus
menerus selama masih memberikan keuntungan. Bidang bisnis atau usaha ini merupakan
salah satu aspek yang tak luput dari peran penting teknologi informasi. Dalam
hal ini bisnis dengan kategori kecil sampai besar pun selalu memanfaatkan
teknologi untuk membantu kemajuan usahanya masing-masing. Dengan adanya
teknologi informasi maka pelaku bisnis dapat menawarkan produknya kepada
konsumen dengan lebih lengkap dan mudah. Teknologi yang paling umum dipakai
saat ini adalah website. Dengan mengunjungi website perusahaan, konsumen dapat
memilah dan memilih berbagai produk yang ditawarkan perusahaan tersebut.
Pemanfaatan website sebagai alat bisnis yang dinilai lebih murah dan cepat ini
tidak hanya dapat memasarkan barang. Seiring perkembangan kebutuhan masyarakat,
website berkembang dengan menawarkan jasa, konsultasi publik, dan berbagai
fungsi lainnya.
Perpaduan antara Teknologi informasi dan bisnis ini
disebut juga bisnis informatika. Secara umum dapat dikatakan bahwa bisnis
informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang
(organisasi) yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan
(profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.
Salah satu bisnis informatika yang tergolong populer
adalah dalam bidang e-commerce. Sekarang ini terdapat banyak sekali pengusaha
yang berbisnis melalui e-commerce. Jika anda terhubung dengan internet, anda
dapat merasakan hiruk-pikuk persaingan bisnis e-commerce dimana-mana, baik dari
iklan maupun dari websitenya langsung. Banyak perusahaan e-commerce yang
memulai bisnisnya dari pembuatan website dan berkembang menjadi aplikasi baik
desktop maupun aplikasi smartphone yang sedang tenar belakangan ini. Dengan
aplikasi, penjual dan pembeli dibuat sangat dekat hanya dengan gadget yang
sehari-hari kita gunakan. Namun apakah semua perusahaan e-commerce tersebut
aman dan sudah memenuhi kriteria efektif dan efisien untuk melayani pembeli?
Berikut saya akan mengulas sebuah bisnis informatika yang bergerak dibidang
e-commerce yaitu BUKALAPAK.COM.
Bukalapak.com adalah salah satu e-commerce karya anak
bangsa yang tergolong sukses dan semakin berkembang belakangan ini. Dibangun
pada tahun 2010 oleh Achmad Zaky dan Nugroho Herucahyono, bukalapak.com
langsung mendapat animo yang besar dari masyarakat terbukti dengan bergabungnya
10.000 pelaku UMKM pada awal tahun 2010. Usahanya berkembang. Beberapa investor
tiba-tiba datang menawarkan modal, seperti Softbank Corp dari Jepang dan
Sequoia dari Amerika Serikat. Saat ini Bukalapak menghitung setiap hari ada 1
juta pengunjung di situsnya dengan nilai perputaran uang mencapai Rp 4-5 miliar
per hari.
Dengan desain yang simpel dan elegan,
bukalapak.com tersedia dalam bentuk website dan aplikasi android. Dilengkapi
dengan fitur-fitur yang lengkap sehingga memudahkan penjual dan pembeli
bertransaksi. Dari pengalaman saya sendiri, berikut saya memaparkan beberapa
keunggulan dan kekurangan bukalapak.com jika dibandingkan dengan e-commerce
yang lain :
Design
Design
yang dibuat Bukalapak memberi kesan lebih modern tetapi tetap simpel. Ditambah
Interface di dalamnya dibuat lebih nyaman dan mudah dimengerti. Untuk mengganti
harga atau stok yang tersedia anda bisa menggantinya hanya dengan merubah angka
pada masing-masing produknya. Namun satu kekurangan dari fitur Bukalapak adalah
tidak tersedianya fitur diskusi yang akan sangat memudahkan calon
pembeli untuk menggali atau mengetahui informasi lebih detil tentang produk
yang akan dibeli.Calon pembeli hanya dapat berdiskusi satu lawan satu dengan
penjual tanpa dapat diketahui oleh calon pembeli yang lain. Padahal fitur ini
sebenarnya dianggap perlu juga agar calon pembeli bisa melakukan banyak
pertimbangan terlebih dahulu sebelum membeli barang.
Murah
Meskipun
diberikan layanan gratis untuk menjual produk, situs ini juga memberikan
layanan berbayar. Jika anda berjualan dan menginginkan produk yang dijual
tampil di halaman paling depan, Bukalapak akan menyediakan fitur Sundul yang
dikenakan biaya seharga Rp 100,- doang. Tersedia juga paket murah
untuk layanan berbayar yang biasa disebut dengan Push. Paket 250 Push dibandrol
dengan harga Rp 25,000,- saja. Fitur berbayar ini tentunya terbilang sangat
murah dari jual-beli online lainnya.
Aman
Tidak perlu khawatir lagi
soal keamanan berbelanja di Bukalapak. Bukalapak rutin melakukan konfirmasi
nomor telepon pengguna untuk menjamin keamanan transaksi. Sistem transaksi yang
dilakukan di Bukalapak sama seperti pada aplikasi penjualan kebanyakan yaitu
rekening bersama (rekber) dalam artian uang dari pembeli terlebih dahulu akan
disimpan oleh Bukalapak dan akan diteruskan kepada penjual hanya jika produk
yang dibeli sudah dikirimkan. Selain itu, setelah melakukan transaksi, anda
juga akan dikirimkan notifikasi melalui SMS untuk setiap updatenya atau dapat
juga langsung memantau barang anda dari aplikasi. Pada bukalapak anda juga
dapat membedakan pedagang senior dan junior. Dari transaksi yang telah berhasil
dilakukan, para pembeli sebelumnya memberikan ulasan yang dapat menaikkan atau
menurunkan status seorang pedagang, baik dalam bentuk kalimat maupun bintang. Semua
ulasan ini akan dicatat oleh Bukalapak dan ditampilkan di informasi penjual.
Penjual yang baik akan mendapatkan predikat recommended seller dan menjadi
modal yang besar untuk mendapat kepercayaan dari calon pembeli.
Manajemen
Manajemen barang pada
Bukalapak tergolong sangat rapi. Barang yang sudah dikategorikan menurut
fungsinya masing-masing dapat dicari dengan mudah menggunakan fungsi search.
Hasil pencarian pada bukalapak sangat memuaskan karena kita dapat membuat
filter agar bukalapak hanya menampilkan barang dengan kondisi yang kita
inginkan misalnya : hanya top seller, cicilan kartu kredit 0%, barang diskon,
harga grosir, dll. Pembeli juga dapat melakukan sorting barang menurut kondisi
yaitu : Terbaru, Termurah, Termahal dan Relevansi.
Iklan
Walaupun sudah tergolong
maju dan memiliki pendapatan yang besar, Bukalapak tetap beriklan untuk
memperkenalkan bisnisnya kepada seluruh elemen masyarakat. Iklan yang dilakukan
baik secara online maupun offline bertujuan untuk mengenalkan Bukalapak kepada
seluruh elemen masyarakat.
Perkembangan bisnis informatika dunia berawal dari
perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat. Kebutuhan manusia akan
komputer semakin bertambah dan inovasi-inovasi baru terkait pemanfaatannya
lahir dan berkembang pesat di kalangan masyarakat. Perkembangan ini tanpa bisa
ditolak ikut juga berpengaruh pada dunia bisnis. Para pelaku bisnis mulai
menggunakan komputer untuk memasarkan produk dan berkomunikasi dengan calon
pembelinya. didalam perkembangan bisnis di dunia it sendiri terdapat jenis dan
tipe bisnis Terdapat 2 macam bisnis informatika yaitu produk dan jasa:
1. Produk
• Hardware / Perangkat Keras
• Software / Perangkat Lunak
• Hardware / Perangkat Keras
• Software / Perangkat Lunak
2. Jasa
• Aplikasi
• e-commerce
• Infrastruktur informasi dan komputer
• Aplikasi
• e-commerce
• Infrastruktur informasi dan komputer
Di Indonesia sendiri perkembangan bisnis informatika sudah termasuk maju dan pesat. Maraknya perkembangan bisnis informatika di indonesia tidak lepas dari sedang berkembang pesatnya teknologi dunia dan banyaknya pengguna teknologi itu sendiri. sebagai contoh, banyaknya e-commerce ( jual beli barang di internet ) yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengguna internet. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penting pesatnya perkembangan bisnis informatika di indonesia.
Perkembangan
bisnis informatika di Indonesia juga turut didukung oleh kemampuan SDM
masyarakatnya yang semakin kreatif. Terbukti dengan munculnya macam-macam
bisnis informatika yang dilahirkan oleh anak bangsa dan sukses bersaing dengan
produk luar. Beberapa diantaranya adalah dalam bidang :
1. Lisensi
produk software (contohnya perusahaan pembuat perangkat lunak seperti 4visionmedia, dsb)
2. Iklan
(contohnya Detik.com, dsb)
3. e-commerce
(contohnya Bukalapak.com, Tokopedia, dsb)
4. Penjualan
perangkat keras (contohnya Zyrex, dsb)
5. Penjual
jasa konsultasi, integrasi, perawatan, training dsb (contohnya Inixindo, dsb)
Daftar
Pustaka
http://hariannetral.com/2015/06/pengertian-bisnis-manfaat-bisnis-dan-tujuan-bisnis.html
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-teknologi-informasi-dan-komunikasi-secara-umum/
https://m.tempo.co/read/news/2015/06/02/072671421/begini-kisah-zaky-membangun-bukalapak-com
https://exciteindonesia.wordpress.com/2016/03/08/kelebihan-dan-kekurangan-bukalapak-situs-jual-beli-online/
http://abdulazisrh.blogspot.co.id/2016/09/perkembangan-bisnis-teknologi-dunia.html
https://sayasukakomputer.wordpress.com/2010/10/05/perkembangan-bisnis-informatika-indonesia/
0 komentar:
Posting Komentar