Senin, 10 Oktober 2016

TIK, Bisnis dan Bisnis Informatika

      Teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah menjadi sebuah ketergantungan bagi masyarakat dunia. Secara umum teknologi informasi dan komunikasi berarti semua keperluan teknis untuk memperoses dan menyampaikan sebuah informasi, TIK memiliki dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, pemakaian sebagai alat bantu, pengelolaan informasi, serta manipulasi informasi. Teknologi komunikasi merupakan semua hal yang berkaitan dengan pemakaian alat bantu untuk memperoses serta mentransfer dara dari perangkat satu ke perangkat lainnya. Tanpa disadari peran TIK berpengaruh pada hampir semua aspek kehidupan manusia termasuk bidang bisnis seperti yang akan saya bahas dalam tulisan ini.
      Bisnis adalah kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan jasa dan barang yang bertujuan untuk mencari atau memperoleh keuntungan kepada pihak yang berusaha yang berlangsung secara terus menerus selama masih memberikan keuntungan. Bidang bisnis atau usaha ini merupakan salah satu aspek yang tak luput dari peran penting teknologi informasi. Dalam hal ini bisnis dengan kategori kecil sampai besar pun selalu memanfaatkan teknologi untuk membantu kemajuan usahanya masing-masing. Dengan adanya teknologi informasi maka pelaku bisnis dapat menawarkan produknya kepada konsumen dengan lebih lengkap dan mudah. Teknologi yang paling umum dipakai saat ini adalah website. Dengan mengunjungi website perusahaan, konsumen dapat memilah dan memilih berbagai produk yang ditawarkan perusahaan tersebut. Pemanfaatan website sebagai alat bisnis yang dinilai lebih murah dan cepat ini tidak hanya dapat memasarkan barang. Seiring perkembangan kebutuhan masyarakat, website berkembang dengan menawarkan jasa, konsultasi publik, dan berbagai fungsi lainnya.
           Perpaduan antara Teknologi informasi dan bisnis ini disebut juga bisnis informatika. Secara umum dapat dikatakan bahwa bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang (organisasi) yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.
           Salah satu bisnis informatika yang tergolong populer adalah dalam bidang e-commerce. Sekarang ini terdapat banyak sekali pengusaha yang berbisnis melalui e-commerce. Jika anda terhubung dengan internet, anda dapat merasakan hiruk-pikuk persaingan bisnis e-commerce dimana-mana, baik dari iklan maupun dari websitenya langsung. Banyak perusahaan e-commerce yang memulai bisnisnya dari pembuatan website dan berkembang menjadi aplikasi baik desktop maupun aplikasi smartphone yang sedang tenar belakangan ini. Dengan aplikasi, penjual dan pembeli dibuat sangat dekat hanya dengan gadget yang sehari-hari kita gunakan. Namun apakah semua perusahaan e-commerce tersebut aman dan sudah memenuhi kriteria efektif dan efisien untuk melayani pembeli? Berikut saya akan mengulas sebuah bisnis informatika yang bergerak dibidang e-commerce yaitu BUKALAPAK.COM.
           Bukalapak.com adalah salah satu e-commerce karya anak bangsa yang tergolong sukses dan semakin berkembang belakangan ini. Dibangun pada tahun 2010 oleh Achmad Zaky dan Nugroho Herucahyono, bukalapak.com langsung mendapat animo yang besar dari masyarakat terbukti dengan bergabungnya 10.000 pelaku UMKM pada awal tahun 2010. Usahanya berkembang. Beberapa investor tiba-tiba datang menawarkan modal, seperti Softbank Corp dari Jepang dan Sequoia dari Amerika Serikat. Saat ini Bukalapak menghitung setiap hari ada 1 juta pengunjung di situsnya dengan nilai perputaran uang mencapai Rp 4-5 miliar per hari.
           Dengan desain yang simpel dan elegan, bukalapak.com tersedia dalam bentuk website dan aplikasi android. Dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap sehingga memudahkan penjual dan pembeli bertransaksi. Dari pengalaman saya sendiri, berikut saya memaparkan beberapa keunggulan dan kekurangan bukalapak.com jika dibandingkan dengan e-commerce yang lain :

Design
Design yang dibuat Bukalapak memberi kesan lebih modern tetapi tetap simpel. Ditambah Interface di dalamnya dibuat lebih nyaman dan mudah dimengerti. Untuk mengganti harga atau stok yang tersedia anda bisa menggantinya hanya dengan merubah angka pada masing-masing produknya. Namun satu kekurangan dari fitur Bukalapak adalah tidak tersedianya fitur diskusi yang akan sangat memudahkan calon pembeli untuk menggali atau mengetahui informasi lebih detil tentang produk yang akan dibeli.Calon pembeli hanya dapat berdiskusi satu lawan satu dengan penjual tanpa dapat diketahui oleh calon pembeli yang lain. Padahal fitur ini sebenarnya dianggap perlu juga agar calon pembeli bisa melakukan banyak pertimbangan terlebih dahulu sebelum membeli barang.

Murah
Meskipun diberikan layanan gratis untuk menjual produk, situs ini juga memberikan layanan berbayar. Jika anda berjualan dan menginginkan produk yang dijual tampil di halaman paling depan, Bukalapak akan menyediakan fitur Sundul yang dikenakan biaya seharga Rp 100,- doang. Tersedia juga paket murah untuk layanan berbayar yang biasa disebut dengan Push. Paket 250 Push dibandrol dengan harga Rp 25,000,- saja. Fitur berbayar ini tentunya terbilang sangat murah dari jual-beli online lainnya.

Aman
Tidak perlu khawatir lagi soal keamanan berbelanja di Bukalapak. Bukalapak rutin melakukan konfirmasi nomor telepon pengguna untuk menjamin keamanan transaksi. Sistem transaksi yang dilakukan di Bukalapak sama seperti pada aplikasi penjualan kebanyakan yaitu rekening bersama (rekber) dalam artian uang dari pembeli terlebih dahulu akan disimpan oleh Bukalapak dan akan diteruskan kepada penjual hanya jika produk yang dibeli sudah dikirimkan. Selain itu, setelah melakukan transaksi, anda juga akan dikirimkan notifikasi melalui SMS untuk setiap updatenya atau dapat juga langsung memantau barang anda dari aplikasi. Pada bukalapak anda juga dapat membedakan pedagang senior dan junior. Dari transaksi yang telah berhasil dilakukan, para pembeli sebelumnya memberikan ulasan yang dapat menaikkan atau menurunkan status seorang pedagang, baik dalam bentuk kalimat maupun bintang. Semua ulasan ini akan dicatat oleh Bukalapak dan ditampilkan di informasi penjual. Penjual yang baik akan mendapatkan predikat recommended seller dan menjadi modal yang besar untuk mendapat kepercayaan dari calon pembeli.

Manajemen
Manajemen barang pada Bukalapak tergolong sangat rapi. Barang yang sudah dikategorikan menurut fungsinya masing-masing dapat dicari dengan mudah menggunakan fungsi search. Hasil pencarian pada bukalapak sangat memuaskan karena kita dapat membuat filter agar bukalapak hanya menampilkan barang dengan kondisi yang kita inginkan misalnya : hanya top seller, cicilan kartu kredit 0%, barang diskon, harga grosir, dll. Pembeli juga dapat melakukan sorting barang menurut kondisi yaitu : Terbaru, Termurah, Termahal dan Relevansi.

Iklan
Walaupun sudah tergolong maju dan memiliki pendapatan yang besar, Bukalapak tetap beriklan untuk memperkenalkan bisnisnya kepada seluruh elemen masyarakat. Iklan yang dilakukan baik secara online maupun offline bertujuan untuk mengenalkan Bukalapak kepada seluruh elemen masyarakat.

           Perkembangan bisnis informatika dunia berawal dari perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat. Kebutuhan manusia akan komputer semakin bertambah dan inovasi-inovasi baru terkait pemanfaatannya lahir dan berkembang pesat di kalangan masyarakat. Perkembangan ini tanpa bisa ditolak ikut juga berpengaruh pada dunia bisnis. Para pelaku bisnis mulai menggunakan komputer untuk memasarkan produk dan berkomunikasi dengan calon pembelinya. didalam perkembangan bisnis di dunia it sendiri terdapat jenis dan tipe bisnis Terdapat 2 macam bisnis informatika yaitu produk dan jasa:
1.   Produk
          Hardware / Perangkat Keras
          Software / Perangkat Lunak
2.   Jasa
          Aplikasi
          e-commerce
          Infrastruktur informasi dan komputer

           Di Indonesia sendiri perkembangan bisnis informatika sudah termasuk maju dan pesat. Maraknya perkembangan bisnis informatika di indonesia tidak lepas dari sedang berkembang pesatnya teknologi dunia dan banyaknya pengguna teknologi itu sendiri. sebagai contoh, banyaknya e-commerce ( jual beli barang di internet ) yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengguna internet. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penting pesatnya perkembangan bisnis informatika di indonesia.
           Perkembangan bisnis informatika di Indonesia juga turut didukung oleh kemampuan SDM masyarakatnya yang semakin kreatif. Terbukti dengan munculnya macam-macam bisnis informatika yang dilahirkan oleh anak bangsa dan sukses bersaing dengan produk luar. Beberapa diantaranya adalah dalam bidang :
1.   Lisensi produk software (contohnya perusahaan pembuat perangkat lunak seperti 4visionmedia, dsb)
2.   Iklan (contohnya Detik.com, dsb)
3.   e-commerce (contohnya Bukalapak.com, Tokopedia, dsb)
4.   Penjualan perangkat keras (contohnya Zyrex, dsb)
5.   Penjual jasa konsultasi, integrasi, perawatan, training dsb (contohnya Inixindo, dsb)

Daftar Pustaka
http://hariannetral.com/2015/06/pengertian-bisnis-manfaat-bisnis-dan-tujuan-bisnis.html
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-teknologi-informasi-dan-komunikasi-secara-umum/
https://m.tempo.co/read/news/2015/06/02/072671421/begini-kisah-zaky-membangun-bukalapak-com
https://exciteindonesia.wordpress.com/2016/03/08/kelebihan-dan-kekurangan-bukalapak-situs-jual-beli-online/
http://abdulazisrh.blogspot.co.id/2016/09/perkembangan-bisnis-teknologi-dunia.html
https://sayasukakomputer.wordpress.com/2010/10/05/perkembangan-bisnis-informatika-indonesia/

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by EwaldoniLase - Premium Blogger Themes | coupon codes