Berikut ini saya akan menjelaskan cara membuat objek babi dengan menggunakan Blender 3D. Objek babi ini adalah salah satu objek yang akan saya gunakan di dalam project game saya. Nantinya babi ini dapat berjalan dan mencari makan. jika makanan yang dimakan tepat maka skor akan bertambah.
Langkah-langkah membuat objeknya adalah
sebagai berikut :
Pertama bukalah Blender 3D. Pada tampilan
default Blender sudah terdapat sebuah bangun berupa balok. Hapuslah balok
tersebut dengan menggunakan perintah Shift
+ Del.
Setelah bangun terhapus, kita akan memulai
membuat bangun baru dan membentuknya menjadi seekor babi.
Untuk menghasilkan bentuk babi yang sempurna,
saya menggunakan image (gambar) babi sebagai model. Saya akan memasukkan gambar
tersebut kedalam Blender dan mengikutinya sebagai model.
cara memasukkan gambar babi tersebut yaitu
dengan menekan tombol Shift + A pada
keyboard, kemudian pilih Mesh > Empty
> Image.
Setelah itu pilihlah gambar yang akan dimasukkan dari
panel di sebelah kanan. klik Open dan
pilihlah gambar babi.
Maka gambar babi akan masuk ke lembar kerja Blender.
aturlah gambar babi tersebut berada pas ditengah
perpotongan garis x dan y. gunakan fungsi tombol G (Grab) untuk menggeser, S (Scale)
untuk merubah ukuran dan R (Rotate)
untuk rotasi gambar sehingga gambar dapat berdiri tegak seperti diatas.
Badan
Babi
Setelah proses memasukkan gambar selesai, kita akan mulai
membentuk badan babi terlebih dahulu. badan babi dibentuk dengan menggunakan
objek dasar berupa bangun silinder. Masih pada object mode, tekan tombol Shift + A > Mesh > Cylinder. maka
akan muncul silinder seperti pada gambar berikut :
Aturlah bangun silinder tersebut agar berada tepat
ditengah sumbu x pada gambar badan babi, seperti pada gambar dibawah ini.
Gunakan tombol S + X untuk
memipihkan silinder dan tombol G untuk
menggesernya.
Setelah bangun berada tepat ditengah badan babi, tekan
lagi tombol angka 1 untuk melihat
objek dari depan. pindahlah ke edit mode dengan menekan tombol Tab. munculkan edge pada silinder
dengan memilih pilihan edge select.
Selanjutnya seleksi sisi belakang silinder dengan
menggunakan tombol B dan menarik
kursor untuk melakukan seleksi. selanjutnya tariklah bagian tersebut yaitu
dengan menekan tombol E dan dengan
menggunakan mouse sedikit demi sedikit. Jika ada bentuk badan babi yang
berbentuk miring atau tidak sesuai maka sesuaikanlah dengan memperbesar atau
merotasi sisi silinder tersebut yaitu dengan menggunakan tombol S dan
R.
Lakukan langkah diatas sampai semua bagian silinder
menutupi tubuh babi bagian belakang.
Setelah selesai, lanjutkan dengan membuat bagian depan
babi. langkahnya sama seperti diatas yaitu dengan melakukan seleksi sisi
silinder bagian depan dan mengikuti bentuk tubuh babi.
Setelah seluruh tubuh babi tertutupi dengan rancangan
silinder, tekan lagi tombol Tab untuk
pindah ke object mode sehingga kita dapat melihat hasil pembentukan objek badan
babi seperti pada gambar dibawah :
Badan babi tampak samping :
Badan babi tampak depan :
Untuk melihat hasil lebih jelasnya kita dapat
menyembunyikan gambar objek yaitu pada panel sebelah kanan sebelah atas, pada
bagian objek "empty" klik pada gambar mata agar gambar babi
disembunyikan dan yang tersisa hanya bentuk badan babi.
Demikian tahap pertama membuat badan babi selesai,
selanjutnya saya akan menjelaskan cara membuat kaki babi.
Kaki
Babi
Pertama-tama sembunyikanlah objek badan babi dari panel
sebelah kanan dengan mengklik gambar mata sehingga badan babi disembunyikan dan
munculkanlah gambar babi seperti dibawah ini:
Awalnya kita akan membuat kaki depan babi. Seperti pada
badan babi, kaki babi juga dibuat dari bentuk dasar yaitu silinder. masukkan
bangun silinder dengan menggunakan tombol Shift
+ A > Mesh > Cylinder
Aturlah bentuk silinder tersebut agar menjadi pipih
dengan menekan tombol S + Z. setelah
silinder dirasa cukup pipih maka pindahkan silinder tersebut ke bagian kaki
babi pada gambar.
Sama seperti pada saat membuat badan babi diawal,
masuklah ke edit mode, kemudian seleksi salah satu sisi silinder dan lakukan
extrude yaitu menarik sisi tersebut dan mengaturnya dengan menggunakan tombol S maupun R agar bentuknya sesuai dengan kaki depan babi.
Lakukan sampai silinder menutupi semua bagian kaki babi
dan hasilnya adalah sebagai berikut :
Selanjutnya adalah membentuk kaki belakang babi.
Sembunyikanlah terlebih dahulu bagian kaki depan babi agar tidak mengganggu.
Mulailah dengan memasukkan bangun silinder, memipihkannya dan memindahkannya
serta melakukan extrude persis seperti pada langkah sebelumnya sehingga semua
bagian kaki belakang abbi tertutup oleh objek silinder.
Diatas kita telah membuat kaki depan dan belakang babi
yang masing-masing berjumlah satu. kedua kaki tersebut kita atur sebagai kaki
kiri babi tersebut. gunakan tombol G untuk
menggeser kaki babi ke posisinya. untuk hasil yang lebih rapi kombinasikan
tombol G dengan tombol arah X, Y atau Z.
Setelah kedua kaki depan dan belakang babi berada di
posisi sebelah kiri, kita akan menduplikat kaki tersebut untuk dijadikan kaki
kanan. Caranya yaitu pindah ke object mode, kemudian seleksi kedua kaki babi
dan tekan tombol Shift + D. maka
kaki babi akan terduplikat dan aturlah kedua kaki hasil duplikat tersebut ke
posisi sebelah kanan sehingga objek babi tampak seperti pada gambar berikut :
Selanjutnya tambahkan mata, hidung dan telinga babi kemudian beri warna dari menu material, pilih difuse dan pilih warna yang diinginkan.
0 komentar:
Posting Komentar