Jumat, 22 April 2016

Membuat Objek untuk Project Game Blender

Berikut ini saya akan menjelaskan cara membuat objek babi dengan menggunakan Blender 3D. Objek babi ini adalah salah satu objek yang akan saya gunakan di dalam project game saya. Nantinya babi ini dapat berjalan dan mencari makan. jika makanan yang dimakan tepat maka skor akan bertambah.


Langkah-langkah membuat objeknya adalah sebagai berikut :

Pertama bukalah Blender 3D. Pada tampilan default Blender sudah terdapat sebuah bangun berupa balok. Hapuslah balok tersebut dengan menggunakan perintah Shift + Del.
Setelah bangun terhapus, kita akan memulai membuat bangun baru dan membentuknya menjadi seekor babi.

Untuk menghasilkan bentuk babi yang sempurna, saya menggunakan image (gambar) babi sebagai model. Saya akan memasukkan gambar tersebut kedalam Blender dan mengikutinya sebagai model.
cara memasukkan gambar babi tersebut yaitu dengan menekan tombol Shift + A pada keyboard, kemudian pilih Mesh > Empty > Image.
 
Setelah itu pilihlah gambar yang akan dimasukkan dari panel di sebelah kanan. klik Open dan pilihlah gambar babi.



Maka gambar babi akan masuk ke lembar kerja Blender.
aturlah gambar babi tersebut berada pas ditengah perpotongan garis x dan y. gunakan fungsi tombol G (Grab) untuk menggeser, S (Scale) untuk merubah ukuran dan R (Rotate) untuk rotasi gambar sehingga gambar dapat berdiri tegak seperti diatas.
Badan Babi
Setelah proses memasukkan gambar selesai, kita akan mulai membentuk badan babi terlebih dahulu. badan babi dibentuk dengan menggunakan objek dasar berupa bangun silinder. Masih pada object mode, tekan tombol Shift + A > Mesh > Cylinder. maka akan muncul silinder seperti pada gambar berikut :


Aturlah bangun silinder tersebut agar berada tepat ditengah sumbu x pada gambar badan babi, seperti pada gambar dibawah ini. Gunakan tombol S + X untuk memipihkan silinder dan tombol G untuk menggesernya.

Setelah bangun berada tepat ditengah badan babi, tekan lagi tombol angka 1 untuk melihat objek dari depan. pindahlah ke edit mode dengan menekan tombol Tab. munculkan edge pada silinder dengan memilih pilihan edge select.

Selanjutnya seleksi sisi belakang silinder dengan menggunakan tombol B dan menarik kursor untuk melakukan seleksi. selanjutnya tariklah bagian tersebut yaitu dengan menekan tombol E dan dengan menggunakan mouse sedikit demi sedikit. Jika ada bentuk badan babi yang berbentuk miring atau tidak sesuai maka sesuaikanlah dengan memperbesar atau merotasi sisi silinder tersebut yaitu dengan menggunakan tombol  S dan R.
 
 Lakukan langkah diatas sampai semua bagian silinder menutupi tubuh babi bagian belakang.
 
Setelah selesai, lanjutkan dengan membuat bagian depan babi. langkahnya sama seperti diatas yaitu dengan melakukan seleksi sisi silinder bagian depan dan mengikuti bentuk tubuh babi.
Setelah seluruh tubuh babi tertutupi dengan rancangan silinder, tekan lagi tombol Tab untuk pindah ke object mode sehingga kita dapat melihat hasil pembentukan objek badan babi seperti pada gambar dibawah :
Badan babi tampak samping :
Badan babi tampak depan :

Untuk melihat hasil lebih jelasnya kita dapat menyembunyikan gambar objek yaitu pada panel sebelah kanan sebelah atas, pada bagian objek "empty" klik pada gambar mata agar gambar babi disembunyikan dan yang tersisa hanya bentuk badan babi.

Demikian tahap pertama membuat badan babi selesai, selanjutnya saya akan menjelaskan cara membuat kaki babi.
Kaki Babi
Pertama-tama sembunyikanlah objek badan babi dari panel sebelah kanan dengan mengklik gambar mata sehingga badan babi disembunyikan dan munculkanlah gambar babi seperti dibawah ini:
Awalnya kita akan membuat kaki depan babi. Seperti pada badan babi, kaki babi juga dibuat dari bentuk dasar yaitu silinder. masukkan bangun silinder dengan menggunakan tombol Shift + A > Mesh > Cylinder
Aturlah bentuk silinder tersebut agar menjadi pipih dengan menekan tombol S + Z. setelah silinder dirasa cukup pipih maka pindahkan silinder tersebut ke bagian kaki babi pada gambar.
Sama seperti pada saat membuat badan babi diawal, masuklah ke edit mode, kemudian seleksi salah satu sisi silinder dan lakukan extrude yaitu menarik sisi tersebut dan mengaturnya dengan menggunakan tombol S maupun R agar bentuknya sesuai dengan kaki depan babi.
Lakukan sampai silinder menutupi semua bagian kaki babi dan hasilnya adalah sebagai berikut :
Selanjutnya adalah membentuk kaki belakang babi. Sembunyikanlah terlebih dahulu bagian kaki depan babi agar tidak mengganggu. Mulailah dengan memasukkan bangun silinder, memipihkannya dan memindahkannya serta melakukan extrude persis seperti pada langkah sebelumnya sehingga semua bagian kaki belakang abbi tertutup oleh objek silinder.

Diatas kita telah membuat kaki depan dan belakang babi yang masing-masing berjumlah satu. kedua kaki tersebut kita atur sebagai kaki kiri babi tersebut. gunakan tombol G untuk menggeser kaki babi ke posisinya. untuk hasil yang lebih rapi kombinasikan tombol G dengan tombol arah X, Y atau Z.
Setelah kedua kaki depan dan belakang babi berada di posisi sebelah kiri, kita akan menduplikat kaki tersebut untuk dijadikan kaki kanan. Caranya yaitu pindah ke object mode, kemudian seleksi kedua kaki babi dan tekan tombol Shift + D. maka kaki babi akan terduplikat dan aturlah kedua kaki hasil duplikat tersebut ke posisi sebelah kanan sehingga objek babi tampak seperti pada gambar berikut :

Selanjutnya tambahkan mata, hidung dan telinga babi kemudian beri warna dari menu material, pilih difuse dan pilih warna yang diinginkan.



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by EwaldoniLase - Premium Blogger Themes | coupon codes